18 Makanan Sehat Terbaik untuk Dibeli Secara Massal (Dan Terburuk)

Membeli makanan dalam jumlah besar, juga dikenal sebagai belanja massal, adalah cara terbaik untuk mengisi dapur dan lemari es sambil mengurangi biaya makanan.

Barang-barang tertentu sangat diskon ketika dibeli dalam jumlah besar, menjadikannya kebiasaan ekonomis yang dapat menghemat banyak uang.

Sementara beberapa makanan membuat pilihan ideal untuk belanja massal karena umur simpan yang panjang atau freezability, makanan yang lebih mudah busuk harus dibeli dalam jumlah yang lebih kecil untuk menghindari pembusukan.

Berikut adalah 18 makanan sehat terbaik untuk dibeli dalam jumlah besar - dan beberapa yang terburuk.
1. Kacang Kering dan Lentil

Kacang dan lentil kering adalah salah satu makanan yang paling rak-stabil.

Istilah "rak-stabil" mengacu pada makanan yang dapat disimpan pada suhu kamar untuk jangka panjang sebelum menjadi buruk.

Meskipun menyimpan kacang dan kacang dapat menyebabkan degradasi nutrisi tertentu dari waktu ke waktu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa kacang tetap dapat dimakan selama 10 tahun atau lebih (1, 2).

Kacang dan lentil mengandung serat, antioksidan, vitamin dan mineral yang tinggi, menjadikannya pilihan belanja yang sehat.

Terlebih lagi, mereka dapat ditambahkan ke berbagai macam hidangan, seperti sup, kari, semur dan salad.
2. Beku Berries

Meskipun lezat dan bergizi, buah segar bisa mahal dan sangat mudah rusak.

Untungnya, buah beri beku memiliki nilai gizi yang sama dengan buah beri segar dan dapat dibeli dalam jumlah besar dengan harga lebih murah (3).

Panen kemudian buah beri cepat beku memperpanjang umur simpan dan mempertahankan kandungan nutrisi buah segar (4).

Menurut USDA, buah beku seperti buah dapat disimpan dengan aman di freezer hingga enam bulan (5).

Menambahkan berry ke dalam diet Anda dapat bermanfaat bagi kesehatan dalam banyak hal, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, kanker tertentu, diabetes dan penurunan mental (6, 7, 8).
3. Daging Beku dan Unggas

Karena daging segar dan unggas cepat rusak ketika disimpan di lemari es, membekukannya adalah cara terbaik untuk menghindari sisa makanan.

Menurut aplikasi FoodKeeper USDA, daging beku seperti steak dapat bertahan di freezer hingga 12 bulan sementara dada ayam bisa bertahan hingga sembilan bulan.

Sumber protein pembekuan segera setelah pembelian dapat memperpanjang kegunaan sehingga Anda tidak harus lari ke toko setiap kali Anda membutuhkan daging atau unggas untuk resep.
4. Sayuran beku

Seperti buah beri segar dan jenis buah lainnya, sayuran segar cenderung cepat rusak, bahkan ketika disimpan dengan benar.

Untuk alasan ini, menimbun sayuran beku seperti bayam, brokoli, dan butternut squash adalah ide yang bagus, karena sebagian besar dapat disimpan dalam freezer hingga delapan bulan.

Sayuran dikemas dengan nutrisi, itulah sebabnya diet yang mencakup sayuran segar dan beku telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Misalnya, orang yang memiliki asupan sayuran lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah untuk kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes dibandingkan mereka yang mengonsumsi sayuran dalam jumlah kecil (9).
5. Sayang

Meskipun madu sering dianggap dapat dimakan tanpa batas waktu, beberapa faktor dapat memengaruhi kualitasnya dan menurunkan umur simpannya.

Kondisi penyimpanan, termasuk panas dan kelembaban, dapat mempengaruhi aroma, tekstur dan rasa madu, membuat masa simpannya sulit ditentukan (10).

Karena tidak ada cara untuk menentukan tanggal kedaluwarsa untuk semua jenis madu karena perbedaan dalam penyimpanan, Dewan Madu Nasional merekomendasikan untuk menyimpan madu hingga dua tahun.

Ini masih merupakan umur simpan yang luar biasa panjang, menjadikan madu sebagai barang yang sempurna untuk dibeli dalam jumlah besar.
6. Oat

Tidak hanya gandum gandum yang sehat dan serbaguna, tetapi mereka juga memiliki umur simpan yang panjang.

Aplikasi FoodKeeper menyatakan bahwa gandum segar dapat disimpan hingga empat bulan di pantry.

Bekukan oat dalam wadah kedap udara dapat memperpanjang umur simpan mereka, memaku pada empat bulan ke tanggal kedaluwarsa.

Oat tinggi vitamin B, magnesium dan seng, serta jenis serat tertentu yang disebut beta-glucan, yang dapat membantu menurunkan kolesterol, mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan perasaan kenyang (11, 12).
7. Buah Kering

Buah kering sangat bergizi dan mengandung jumlah serat, vitamin dan mineral yang mengesankan (13).

Terlebih lagi, ini adalah item dapur sehat yang memiliki masa simpan lebih lama daripada buah segar.

Buah-buahan kering seperti mangga, cranberry dan aprikot dapat disimpan hingga enam bulan. Setelah membuka, menyimpannya di kulkas akan memungkinkan mereka untuk bertahan selama enam bulan.

Perlu diingat bahwa buah kering lebih tinggi kalori dan gula daripada buah segar dan harus dimakan dalam jumlah sedikit. Pilih buah kering tanpa pemanis sebisa mungkin untuk membatasi tambahan asupan gula.
8. Kacang-kacangan di Shell

Kacang-kacangan dalam cangkang bertahan lebih lama daripada kacang yang dikupas, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk penyimpanan jangka panjang.

Dalam kebanyakan kasus, pembelian kacang di shell memperpanjang umur simpan mereka.

Misalnya, almond dalam cangkang akan disimpan hingga enam bulan bila disimpan pada suhu 68 ℉ (20 ℃), sementara almond yang dikupas hanya bertahan empat bulan bila disimpan pada suhu yang sama (14).

Belilah kacang seperti kacang almond, kacang walnut, kacang tanah, dan kacang pecan di dalam cangkang dan remuk dengan nutcracker sesuai kebutuhan.

Manfaat ekstra kacang dalam cangkang adalah dibutuhkan lebih banyak waktu dan usaha untuk menyiapkannya daripada kacang yang dikupas, yang dapat memperlambat makan dan menyebabkan pengurangan asupan kalori.
9. Biji-bijian utuh tertentu

Biji-bijian tertentu seperti farro, dieja, nasi liar, quinoa dan bayam memiliki umur simpan yang sangat panjang.

Misalnya, menurut aplikasi FoodKeeper, quinoa mentah dapat bertahan hingga tiga tahun bila disimpan dengan benar di dapur.

Biji-bijian utuh membuat tambahan yang bagus untuk makanan apa pun, menyediakan sumber serat, vitamin, antioksidan, dan senyawa tanaman kuat yang bermanfaat bagi kesehatan (15).

Alasan lain untuk menyimpan biji-bijian adalah karena mereka termasuk yang paling serbaguna dari semua bahan dan dapat ditambahkan untuk sarapan, makan siang, makan malam dan makanan ringan.
10. Popcorn

Seluruh popcorn dapat dibeli dalam jumlah besar dan disimpan hingga dua tahun pada suhu kamar.

Tidak seperti popcorn instan yang dikemas yang mengandung bahan tidak sehat seperti aditif berbahaya dan lemak tidak sehat, seluruh popcorn sepenuhnya alami.

Belum lagi, menyiapkan popcorn Anda sendiri menyenangkan dan memungkinkan Anda untuk mengontrol bahan yang Anda konsumsi.

Selain itu, popcorn mengandung banyak serat, fosfor, mangan, seng, dan polifenol antioksidan, membuatnya menjadi cemilan sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang (16).
11. Pasta Kering

Tidak seperti pasta segar, yang perlu dimasak dalam beberapa hari, pasta kering dapat disimpan hingga dua tahun.

Pasta gandum utuh membuat pilihan yang lebih baik daripada pasta putih halus karena lebih rendah kalori dan lebih tinggi dalam nutrisi tertentu, termasuk serat, mangan dan magnesium (17).

Bagi mereka yang tidak dapat mentoleransi gluten yang ditemukan dalam pasta berbasis gandum, pasta dan pasta beras coklat yang dibuat dari biji-bijian bebas gluten adalah alternatif yang sehat dengan kehidupan rak yang serupa.

Berbagai jenis pasta dapat ditemukan di sebagian besar toko kelontong dan biasanya ditawarkan dengan harga diskon.
12. Minyak Kelapa

Banyak lemak tidak dapat disimpan dalam jangka panjang karena risiko oksidasi, yang dapat menyebabkan pembusukan.

Namun, minyak kelapa memiliki daya simpan yang lebih lama dan lebih tahan terhadap oksidasi dibandingkan minyak nabati lainnya (18).

Plus, minyak kelapa murni murni mengandung antioksidan kuat yang diduga membantu melindungi minyak dari pembusukan (19).

Waktu penyimpanan dapat bervariasi tergantung pada suhu dan eksposur cahaya, tetapi aplikasi FoodKeeper menunjukkan bahwa minyak kelapa yang disimpan di tempat sejuk dan gelap harus bertahan hingga tiga tahun.

Minyak kelapa dapat digunakan untuk memasak, memanggang, dan perawatan kulit.
13. Benih Chia

Biji chia sering disebut sebagai makanan super karena konsentrasi lemak omega-3 mereka yang mengesankan, serat, magnesium, kalsium dan antioksidan (20).

Sementara biji chia bergizi, mereka juga cenderung mahal.

Untungnya, biji chia yang dibeli dalam jumlah besar biasanya lebih rendah harganya daripada biji chia yang dibeli dalam jumlah yang lebih kecil.

Terlebih lagi, biji chia memiliki umur simpan yang lama sekitar 18 bulan bila disimpan di lokasi yang sejuk dan gelap.
14. Selai Kacang

Dengan teksturnya yang lembut dan rasa yang memuaskan, selai kacang adalah barang pokok di sebagian besar makanan orang.

Membeli selai kacang dalam toples besar lebih ekonomis karena selai kacang besar dijual dengan harga diskon.

Selai kacang adalah sumber protein nabati yang sangat baik, lemak sehat, vitamin dan mineral dan dapat digunakan dalam banyak cara (21).

Selai kacang alami lebih sehat daripada merek olahan yang mengandung tambahan gula dan minyak terhidrogenasi.

Simpanlah selai kacang alami yang belum dibuka di lemari es agar tetap segar hingga 12 bulan. Setelah membuka, tunggu selai kacang Anda bertahan sekitar tiga hingga empat bulan di kulkas.
15. Bubuk Hijau

Mendapatkan cukup sayuran bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang.

Apa lagi, sayuran segar harus digunakan dalam beberapa hari sebelum mulai menurunkan.

Bubuk hijau adalah suplemen nutrisi yang terbuat dari sayuran kering yang dihaluskan seperti kale, bayam dan rumput gandum.

Bukan hanya bubuk hijau yang sangat bergizi, tetapi sebagian besar merek juga akan tetap segar di kulkas atau freezer setelah dibuka hingga dua tahun.

Membeli bubuk hijau dalam ukuran besar akan memastikan bahwa Anda memiliki persediaan yang tahan lama dari produk yang sehat ini untuk ditambahkan ke smoothies, yogurt, dan resep lainnya.
16. Bubuk Protein

Bubuk protein berkualitas tinggi dapat menjadi mahal.

Namun, sebagian besar perusahaan menawarkan wadah yang lebih besar dari berbagai bubuk protein dengan harga yang lebih murah.

Karena kebanyakan orang yang menggunakan bubuk protein melakukannya secara teratur, membeli dalam jumlah besar dengan biaya lebih rendah adalah cara cerdas untuk menghemat uang.

Beberapa bubuk protein yang paling populer, termasuk protein whey dan kacang polong, biasanya kadaluwarsa sekitar 8-18 bulan setelah pembelian.

17. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah bahan serbaguna yang dapat digunakan baik dalam makanan dan sebagai agen pembersih alami.

Karena keserbagunaannya, cuka sari apel dapat digunakan dengan cepat, terutama oleh mereka yang mengandalkannya sebagai agen pembersih.

Untungnya, cuka sari apel dijual dalam wadah besar yang dapat bertahan hingga lima tahun bila disimpan pada suhu kamar (23).

Terlebih lagi, cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan bahkan telah terbukti mengurangi gula darah dan meningkatkan penurunan berat badan (24, 25).
18. Ragi Nutrisi

Ragi gizi membungkus dosis nutrisi yang kuat dan sangat populer dengan pola makan nabati berikut ini.

Ragi gizi merupakan sumber vitamin B12, tiamin, riboflavin, niacin, folat, magnesium, seng dan protein (26).

Ini memiliki rasa, seperti keju gurih dan dapat ditambahkan ke piring untuk meningkatkan nutrisi.

Ragi gizi dapat dibeli dalam jumlah besar dengan harga lebih rendah daripada wadah yang lebih kecil dan memiliki umur simpan hingga dua tahun.
Makanan Terburuk untuk Membeli dalam Jumlah Besar

Ini adalah pilihan cerdas untuk membeli beberapa makanan dalam jumlah besar untuk menghemat uang. Namun, makanan berikut ini lebih mudah rusak dan hanya harus dibeli dalam jumlah kecil.
Buah dan Sayuran Segar

Jika Anda secara teratur membeli produk segar, kemungkinan Anda telah menemukan sayuran atau buah yang busuk di kulkas Anda yang tidak digunakan pada waktunya.

Meskipun ada pengecualian, banyak buah dan sayuran segar, seperti buah beri, zucchini dan hijau, memiliki umur simpan kurang dari seminggu sebelum mereka mulai membusuk.

Saat membeli buah dan sayuran segar, beli saja apa yang Anda ketahui akan Anda gunakan dalam minggu mendatang untuk menghindari sisa makanan.
Minyak

Sementara minyak jenuh seperti minyak kelapa dan minyak sawit disimpan dengan baik, minyak lain tidak boleh dibeli dalam jumlah besar.

Minyak nabati yang mengandung sejumlah besar lemak tak jenuh ganda seperti minyak safflower, kedelai dan bunga matahari lebih rentan terhadap oksidasi, terutama bila disimpan dalam wadah kaca bening atau plastik (27).

Minyak tinggi lemak tak jenuh ganda hanya harus dibeli dalam jumlah kecil dan disimpan di lokasi yang sejuk dan gelap untuk mencegah oksidasi.
Telur

Toko diskon besar sering menjual telur dalam jumlah besar dengan harga diskon.

Jika Anda memiliki keluarga besar yang makan telur setiap hari, membeli dalam jumlah besar mungkin ekonomis.

Namun, mereka yang jarang makan telur dan mereka yang memiliki rumah tangga kecil mungkin tidak dapat menyelesaikan beberapa lusin telur sebelum tanggal kedaluwarsa tiga sampai lima minggu (28).
Tepung

Untuk menghindari pembusukan, putih, gandum utuh dan tepung berbasis kacang sebaiknya tidak dibeli dalam jumlah besar.

Tepung gandum utuh memiliki umur simpan paling sedikit tiga bulan, sementara tepung putih bisa mulai rusak setelah enam bulan.

Tepung berbahan dasar kacang tertentu bahkan lebih rentan terhadap pembusukan dan harus disimpan di lemari es atau freezer.
Rempah-rempah

Karena bumbu digunakan dalam jumlah kecil, sebaiknya hindari membeli kontainer dalam jumlah besar.

Rempah-rempah dapat kehilangan potensi mereka dari waktu ke waktu dan harus diganti sesering setiap 6 - 12 bulan untuk rasa yang optimal.
Makanan Siap Saji

Jangan tergoda untuk menyediakan makanan siap saji Anda saat di jual kecuali Anda berencana untuk memakan barang dengan cepat.

Hidangan seperti salad telur, salad ayam, dan pasta yang dimasak hanya bertahan beberapa hari di kulkas.

Terlebih lagi, makan makanan yang disiapkan setelah tanggal kedaluwarsa dapat menempatkan Anda dalam bahaya penyakit bawaan makanan (29).

    Ringkasan
    Meskipun masuk akal untuk membeli beberapa barang dalam jumlah besar, makanan seperti minyak, telur, produk segar, tepung, bumbu dan makanan yang disiapkan hanya boleh dibeli dalam jumlah kecil.

Garis bawah

Banyak makanan sehat dapat dibeli dalam jumlah besar dengan harga diskon.

Kacang kering, oat, unggas beku, selai kacang, dan buah dan sayuran beku adalah beberapa contoh makanan bergizi yang memiliki umur panjang.

Makanan ini dapat disimpan di pantry, freezer atau lemari es selama berbulan-bulan, itulah sebabnya mengapa membeli dalam jumlah besar adalah pilihan yang cerdas.

Namun, membeli produk yang mudah rusak seperti produk segar dan telur harus dihindari untuk mengurangi limbah makanan dan menghindari mengkonsumsi makanan yang rusak.

Persediaan barang-barang massal yang bergizi dan tidak mudah rusak untuk memastikan bahwa Anda selalu memiliki bahan-bahan yang tersedia untuk membuat makanan dan camilan yang sehat dan lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar