Mati rasa

Mati rasa adalah hilangnya sensasi di bagian tubuh Anda. Ketika dahi Anda terasa mati rasa, itu bisa disertai dengan "kesemutan" atau rasa sakit di bawah kulit Anda.

Mati rasa di dahi bisa menjadi bentuk “paresthesia”, perasaan geli yang terjadi ketika terlalu banyak tekanan ditempatkan pada saraf.

Hampir setiap orang pernah mengalami paresthesia sementara, yang sering hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan pengobatan. Kurang sering, mati rasa dahi juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan yang serius.
Penyebab dahi mati rasa

Kening mati rasa kemungkinan besar bersifat sementara dan tidak perlu dikhawatirkan. Penyakit, obat-obatan, kondisi kesehatan mental, sirkulasi yang tersumbat, dan cedera adalah salah satu dari banyak alasan dahi Anda mungkin terasa mati rasa.

Mati rasa yang hilang dan kemudian kembali, atau mati rasa yang terjadi selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, bisa menjadi indikator salah satu kondisi kesehatan berikut:

    multiple sclerosis (MS)
    sinanaga
    suara yang rendah
    tumor
    kegelisahan
    neuropati perifer
    paresthesia

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi ini dan mengapa mereka mungkin menyebabkan kening mati rasa.
Multiple sclerosis (MS)

MS adalah kondisi neurologis yang mempengaruhi 2,3 juta orang di seluruh dunia. Mati rasa atau kesemutan kadang-kadang merupakan gejala pertama orang dengan pengalaman MS sebelum mereka didiagnosis.

Gejala awal MS lainnya termasuk:

    penglihatan kabur
    kehilangan ingatan jangka pendek
    depresi
    sakit kepala

Sinanaga

Sinanaga adalah infeksi umum yang dapat muncul di wajah Anda, dahi Anda, atau bagian lain dari tubuh Anda. Selain mati rasa, herpes zoster menyebabkan lepuh merah, nyeri, dan gatal.

Lepuhan herpes zoster cenderung mengikuti jalur saraf Anda, dan kadang-kadang terjadi hanya pada satu sisi tubuh Anda.
Suara yang rendah

Bell's palsy bisa menjadi gejala kondisi lain, seperti MS, atau bisa jadi kondisi sendiri. Bell's palsy adalah kelumpuhan sementara dari beberapa saraf di wajah Anda.

Gejala termasuk kelemahan otot dan mati rasa di daerah yang terkena. Bell's palsy dapat mempengaruhi dahi Anda. Agak langka, mempengaruhi sekitar 40.000 orang Amerika setiap tahun.
Tumor

Tumor otak dapat menekan saraf kranial Anda dan menyebabkan mati rasa di dahi atau wajah Anda. Sakit kepala, pusing, dan perubahan dalam penglihatan Anda adalah gejala lain tumor otak.

Menurut American Cancer Society, peluang Anda untuk mengembangkan tumor otak ganas selama hidup Anda kurang dari 1 persen, membuatnya jarang terjadi.
Kegelisahan

Kecemasan dapat menyebabkan kesemutan di mana saja di tubuh Anda. Ketika tubuh Anda merasa terancam, ia mengarahkan darah ke organ utama Anda dalam respons penerbangan-atau-penerbangan. Gejala kecemasan lainnya termasuk:

    gemetaran
    peningkatan denyut jantung
    bernapas cepat

Kecemasan adalah penyakit mental yang paling umum di Amerika Serikat, mempengaruhi 18 persen populasi. Hiperventilasi, yang biasanya terjadi dengan kecemasan juga dapat menyebabkan kesemutan pada wajah.
Neuropati perifer

Neuropati perifer menyebabkan mati rasa pada ekstremitas, seperti tangan dan kaki Anda, tetapi dapat memengaruhi dahi Anda juga. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan saraf dan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan lain, seperti diabetes atau kondisi autoimun.

Selain mati rasa, neuropati perifer dapat menyebabkan kepekaan ekstrem terhadap sentuhan, kurangnya koordinasi, atau rasa sakit yang membakar.
Parestesia

Parestesia adalah mati rasa atau kesemutan yang disebabkan oleh syaraf terkompresi. Merosot ke depan di kursi atau menekan dahi Anda ke tangan Anda dapat menyebabkan mati rasa.

Sementara menyesuaikan posisi Anda dapat mengatasi mati rasa dengan cepat, bisa membutuhkan waktu beberapa menit atau bahkan satu jam untuk perasaan penuh untuk kembali ke dahi Anda.

Sebagian besar orang pernah mengalami paresthesia sementara seperti ini, perasaan "jepit dan jarum" atau bagian dari kulit Anda "tertidur."

Paresthesia kronis adalah mati rasa yang tidak hilang, dan ini bisa menjadi pertanda bahwa saraf telah terperangkap atau rusak. Mati rasa dan nyeri seringkali merupakan satu-satunya gejala parestesia.
Obat-obatan di rumah

Obat-obatan di rumah untuk kening mati rasa akan bervariasi sesuai dengan penyebab gejala Anda.

Langkah pertama untuk menyingkirkan kening dahi bisa dengan hanya mengubah postur Anda. Jika Anda telah duduk di meja atau berbaring di posisi yang sama selama beberapa waktu sebelum gejala muncul, berdirilah dan arahkan darah Anda ke seluruh tubuh.

Berlatih bernafas dalam untuk mengoksigenasi darah Anda dan melakukan peregangan sederhana atau dua untuk membuat tubuh Anda merasa “hangat.” Ini bisa cukup untuk melonggarkan saraf terkompresi atau mengarahkan aliran darah Anda kembali ke dahi Anda.

Jika Anda mengalami mati rasa dahi yang sering terjadi, pertimbangkan untuk mengubah gaya hidup Anda sebagai metode pengobatan. Anda dapat menggabungkan kebiasaan-kebiasaan ini untuk memperbaiki aliran darah:

Pertahankan kepalamu tinggi dan hindari menempatkan ketegangan di tulang belakang dan lehermu
    dapatkan lebih banyak tidur
    memasukkan lebih banyak latihan kardiovaskular, seperti berjalan, ke dalam rutinitas Anda
    hindari gerakan berulang yang dapat memicu mati rasa

Perawatan medis

Setelah Anda memiliki diagnosis, pengobatan untuk mati rasa dahi akan fokus pada penyebab yang mendasari.

Jika dahi Anda mati rasa ketika Anda mengalami serangan panik karena kecemasan, misalnya, dokter mungkin meresepkan obat anti-kecemasan untuk mengatasi gejala Anda.

Perawatan alternatif seperti akupunktur dan terapi pijat dapat meningkatkan sirkulasi Anda sehingga mati rasa tidak sering terjadi.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan aliran darah. Ginseng dan vitamin D adalah pilihan populer untuk meningkatkan kualitas sirkulasi Anda.

Beberapa kondisi neurologis, seperti MS, diobati dengan imunosupresan. Yang lain, seperti Bell's palsy, diobati dengan obat steroid, atau dibiarkan untuk sembuh sendiri.

Anda harus berbicara dengan dokter jika Anda memiliki alasan untuk percaya bahwa dahaga dahi Anda adalah efek samping dari obat yang Anda minum.
Kapan harus ke dokter

Temui dokter segera jika Anda mengalami mati rasa di kepala bersama dengan:

    mati rasa di bagian lain dari tubuh Anda
    sulit bernafas
    pusing
    pandanganyangkabur
    cedera kepala
    kelemahan di ekstremitas Anda
    disorientasi atau kebingungan

The takeaway

Mati rasa dumbung yang terjadi karena saraf yang terkompresi atau postur yang buruk biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Kemungkinan besar akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Mati rasa di dahi juga bisa disebabkan oleh kondisi neurologis, tumor, dan infeksi virus. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala ini, atau jika Anda mengalami mati rasa dahi secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar