Mata Tidak Rata

Mengapa Mata Saya Tidak Rata, dan Apakah Saya Perlu Melakukan Sesuatu Tentang Ini?

Memiliki mata asimetris adalah hal yang normal dan jarang menjadi perhatian. Asimetri wajah sangat umum dan memiliki fitur wajah simetris sempurna bukanlah norma. Meskipun mungkin terlihat oleh Anda, mata yang tidak rata jarang terlihat oleh orang lain.

Mata mungkin tampak tidak rata karena perubahan kulit yang terjadi sebagai bagian alami dari penuaan. Jarang, mata asimetris mungkin disebabkan oleh kondisi medis.
Mata yang tidak rata menyebabkan

Genetika adalah penyebab umum mata asimetris. Sama seperti fitur wajah Anda yang lain, Anda cenderung memiliki fitur yang mirip dengan milik orang tua Anda dan anggota keluarga lainnya. Jika Anda melihat lebih dekat, kemungkinan Anda akan memperhatikan bahwa orang lain di keluarga Anda juga tampaknya memiliki satu mata yang lebih tinggi dari yang lain.

Berikut ini adalah kemungkinan penyebab lain dari mata yang tidak rata dan gejala-gejalanya.
Enophthalmos

Enophthalmos adalah pergeseran posterior mata dan terjadi ketika cedera atau kondisi medis mengubah ruang di belakang mata, menyebabkan mata tenggelam. Itu bisa terjadi secara tiba-tiba atau bertahap selama bertahun-tahun.

Trauma adalah penyebab paling umum enophthalmos, seperti dipukul di wajah atau mengenai wajah Anda saat mengalami kecelakaan mobil. Ini juga dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi medis, termasuk yang mempengaruhi rongga sinus di belakang mata.

Beberapa orang tidak mengalami gejala selain penampilan yang tenggelam atau terkulai dari satu mata. Bergantung pada penyebabnya, Anda mungkin juga merasakan sensasi menarik di bawah mata, masalah sinus, atau nyeri wajah.

Kondisi yang dapat menyebabkan enophthalmos meliputi:

    sinusitis maksilaris kronis
    sindrom sinus diam
    Penyakit Paget
    tumor sinus maksilaris
    cacat tulang

Ptosis

Juga disebut kelopak mata terkulai, kondisi ini dapat hadir saat lahir (bawaan) atau berkembang kemudian (didapat). Ptosis lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Ini terjadi ketika otot levator, yang menahan kelopak mata Anda, meregang atau melepaskan dari kelopak mata, menyebabkannya terkulai. Ini menyebabkan munculnya mata asimetris, sehingga satu mata terlihat lebih rendah dari yang lain.

Pada beberapa orang, Ptosis memengaruhi kedua mata. Penuaan adalah penyebab ptosis yang paling umum, tetapi bisa juga disebabkan oleh kondisi neurologis, tumor, dan stroke.

Jika kelopak mata terkulai cukup mengganggu penglihatan Anda, operasi dianjurkan untuk memperbaikinya. Pembedahan juga dapat dilakukan untuk alasan kosmetik jika Anda memilih.
Proptosis

Proptosis, yang juga bisa disebut exophthalmos, adalah menonjol atau menonjol dari satu atau kedua mata. Penyakit Graves adalah penyebab paling umum pada orang dewasa. Itu membuat jaringan di belakang dan di sekitar mata membengkak, mendorong bola mata ke depan. Jarang, proptosis juga bisa disebabkan oleh infeksi, tumor, atau pendarahan.

Seiring dengan perubahan pada penampilan mata Anda, Anda mungkin juga memperhatikan:

    sakit mata
    berdenyut di mata yang diucapkan
    demam
    masalah penglihatan

Asimetri wajah normal

Memiliki fitur wajah simetris sangat langka. Kebanyakan orang memiliki asimetri yang bervariasi dalam fitur wajah yang dianggap normal. Ini juga bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan etnis Anda.

Asimetri wajah yang normal dapat membuat satu mata tampak lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain. Kadang-kadang itu bukan mata yang tidak rata, tetapi alis yang tidak rata atau bentuk hidung Anda membuat mata Anda tampak tidak rata.

Penuaan juga merupakan penyebab umum asimetri wajah. Seiring bertambahnya usia, kulit dan jaringan lunak kita kehilangan elastisitas yang menyebabkan kulit di sekitar fitur wajah kita melorot.

Ulasan 2017 tentang penelitian yang menggunakan model hemifasial, yang menunjukkan wajah "tidak berubah" seseorang di samping simetri sisi kanannya yang sempurna dan kesimetrian sisi kiri yang sempurna, telah menemukan bahwa simetri wajah yang sempurna dirasakan sebagai membingungkan dan tidak menarik. Beberapa asimetri wajah tidak hanya normal, tetapi juga dianggap lebih diinginkan.
Perlakuan mata yang tidak merata

Perawatan untuk mata yang tidak rata biasanya tidak diperlukan. Kecuali ada kondisi medis yang mendasari yang membutuhkan perawatan atau asimetri yang mengganggu penglihatan Anda, perawatan adalah pilihan pribadi.

Ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk membuat mata Anda tampak lebih simetris, mulai dari trik tata rias yang bisa Anda coba di rumah hingga prosedur bedah dan bedah kosmetik.
Dandan

Anda mungkin bisa menggunakan riasan untuk membuat mata Anda terlihat lebih simetris. Contouring, highlighting, dan teknik lainnya dapat digunakan untuk membuat fitur-fitur tertentu lebih menonjol untuk menciptakan tampilan keseimbangan.

Pensil alis atau bedak dapat membantu meratakan munculnya alis Anda, yang dapat membuat mata Anda tampak rata.

Ada tutorial video online untuk membantu Anda melakukan ini. Banyak toko kosmetik dan departemen memiliki penata rias dan ahli kosmetik di staf yang dapat menunjukkan kepada Anda cara menggunakan produk untuk meningkatkan fitur Anda.
Angkat alis

Juga disebut peremajaan dahi atau angkat dahi, pengencangan alis adalah prosedur kecantikan untuk mengangkat alis Anda. Ini dilakukan oleh ahli bedah kosmetik saat berada di bawah anestesi umum. Ada teknik bedah yang berbeda yang dapat digunakan untuk melakukan pengencangan alis, termasuk:

    angkat alis koronal
    pengangkatan alis endoskopi
    hairline alis angkat

Seperti halnya prosedur bedah, ada potensi risiko termasuk infeksi, perdarahan, dan jaringan parut.
Botox

Botox terkadang bisa digunakan sebagai perbaikan sementara untuk mata yang tidak rata. Sering kali, alis seseorang yang asimetris dan menyebabkan mata tampak tidak rata. Asimetri alis umum terjadi. Botox menyediakan opsi nonsurgical untuk pengencangan alis.

Botox, yang merupakan relaxer otot suntik, dapat disuntikkan ke area di sekitar alis sehingga menjadi rileks untuk membantu menciptakan tampilan keseimbangan. Hasil umumnya berlangsung sekitar empat bulan.
Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah operasi kecantikan yang digunakan untuk memperbaiki kelopak mata yang tidak rata. Prosedur ini tidak membuat mata Anda simetris, tetapi dapat membuatnya tampak bahkan jika kelebihan lemak atau kulit menyebabkan mata Anda tampak asimetris.

Selama prosedur, jaringan berlebih, seperti lemak, otot, dan kulit, dikeluarkan dari kelopak mata bagian atas atau bawah. Memar dan pembengkakan umum terjadi dan berlangsung sekitar dua minggu. Bekas luka insisi bisa memakan waktu beberapa bulan untuk memudar.
Bedah orbital

Operasi orbital adalah operasi dari orbit, yang merupakan rongga mata Anda. Orbit terdiri dari empat dinding tulang, bola mata Anda, otot mata, saraf optik, dan lemak.

Ada prosedur bedah yang berbeda yang digunakan untuk mengobati trauma dan kondisi medis yang mempengaruhi ruang ini. Ini bisa termasuk operasi untuk memperbaiki fraktur atau mengangkat tumor, atau operasi dekompresi orbital yang digunakan untuk mengobati exophthalmos yang disebabkan oleh penyakit Graves dan infeksi.
Tidak melakukan apapun

Kecuali mata asimetris disebabkan oleh kondisi medis atau menyebabkan masalah penglihatan, perawatan tidak diperlukan. Dalam hal ini, perawatan untuk tujuan kecantikan dan berdasarkan pilihan pribadi.
Kapan harus ke dokter

Jika Anda mengalami masalah penglihatan atau gejala lain, seperti sakit mata, bengkak, atau sensasi berdenyut pada satu mata, bicarakan dengan dokter tentang rujukan ke dokter mata. Jika penampilan mata Anda berubah karena trauma atau cedera yang melibatkan kepala atau wajah, pergilah ke ruang gawat darurat.
Bawa pulang

Mata yang tidak rata dianggap normal dan jarang menjadi perhatian medis. Kita cenderung paling kritis terhadap diri kita sendiri, tetapi kemungkinan bahwa tidak ada orang lain yang memperhatikan asimetri. Jika Anda khawatir tentang apa yang menyebabkan asimetri Anda atau mengalami gejala lain, hubungi dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar